Keutamaan Bulan Sya'ban (Hadis ke-1)

Selasa, 25 Desember 2012

takkan hidup tanpa ilmu...

Hadis ke-1:
"Sesungguhnya Allah Ta'ala telah menciptakan lautan dari cahaya yang di bawah 'Arsy, kemudian Dia menciptakan malaikat yang memiliki dua sayap yang salah satunya berada di timur dan satunya lagi berada di barat, kepalanya berada di bawah 'Arsy dan kedua kakinya berada di bawah (lapisan) bumi yang ketujuh. Maka jika seorang hamba bershalawat kepadaku pada bulan sya'ban, maka Allah Ta'ala menyuruh malaikat tersebut agar menyelam ke dalam air kehidupan, lalu malaikat itupun menyelam, kemudian dia keluar darinya, lalu mengibaskan kedua sayapnya, lalu meneteslah dari setiap bulunya beberapa tetes air, lalau Allah Ta'ala menciptakan dari setiap tetesan satu malaikat yang memohonkan ampunan bagi orang tersebut hingga hari kiamat."
Takhrij Hadis:
Hadis ini tidak disebutkan oleh al-Sakhawi dalam kitab al-Qaul al-Badi', pada bab al-Shalat 'ala al-Nabi Shallahu 'alaihi wa Sallam fi Sya'ban 9bershalawat kepada Nabi saw di bulan Sya'ban. Beliau hanya menyebutkan dua buah hadits yang disebutkan di sini. Al-Khubawi menukil hadits ini dari kitab Zubat al-Wa'izhin.
Hukum Hadis: Maudhu'
Kedua hadis yang diisyaratkan disebutkan oleh al-Sakhawi dan berkata bahwa beliau belum menemukan hadis ini dalam kitab mu'tamad (لم أقف لذلك على أصل أعتمده). Berarti hadis tersebut tidak mempunyai asal yang shahih. Oleh sebab itu, hadis hadis yang disebutkan oleh al-Sakhubawi di sini dapat dihukumi Maudhu' karena dua sebab. Pertama, karena ia tidak disebutkan oleh sl-Sakhawi dalam kitab tersebut di atas. Kedua, karena ciri dan tanda palsunya hadis ini amat jelas, diantaranya pahala yang terlalu besar untuk amalan yang sederhana. Wallhu A'lam.
Oleh: DR. Ahmad Lutfi Fathullah, MA dalam karyanya Hadits-hadits Lemah & Palsu dalam kitab Durratun Nashihin.

0 komentar:

 
 
 

Berikan comment anda..